Anak Senang Main Sendirian

Halo moms, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Anak Senang Main Sendirian. Moms disini pernah gak merasa khawatir karena pola tingkah laku si kecil? Tentu pernah ya moms. Disini kita akan bahas tentang anak yang lebih senang main sendirian dibanding main bersama teman. Hal ini bukan karena si anak gak bisa bersosialisasi ya moms tapi ada hal hal yang membuat si kecil harus bermain sendirian terutama di masa pandemi ini moms.

Pandemi saat ini kadang membuat kita khawatir karena si kecil sering bermain sendirian dan takut kurang bersosialisasi. Tapi ternyata moms, saat si kecil bermain sendirian dapat membantu dia untuk menjadi individu yang utuh dan bahagia baik dalam kelompok kecil, kerumunan besar ataupun sendirian.

Moms tau gak kalau ada manfaat nya juga saat si kecil bermain sendirian, yuk kita bahas moms.

Mengajarkan untuk Menyenangkan Diri Sendiri

Saat si kecil bermain sendiri dia lebih bisa mengatur emosi nya moms. Dia bisa menciptakan kesenangannya sendiri tanpa bergantung kepada orang lain. Jadi saat dia berada si suatu kelompok dia tidak merasa dikucilkan saat ada hal hal yang membuatnya tidak nyaman karena dia sudah tau kesenangan seperti apa yang bisa ia ciptakan untuk dirinya sendiri.

Menumbuhkan Imajinasi

Terkadang kita memang tidak paham ya moms sama apa yang dilakukan si kecil saat bermain sendirian. Tapi ternyata itu suatu hal yang baikloh moms karena dia bisa berimajinasi saat bermain.

Membiarkan si kecul main sendiri memungkinkan ia untuk mengembangkan ide – ide yang kreatif dan berusaha untuk membuat imajinasinya menjadi nyata. Tentu ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kreativitas si kecil moms.

Mengembangkan Kemandirian

Saat si kecil bermain sendiri dia berusaha untuk melakukan segala sesuatunya dengan sendiri. Seperti saat menyusun puzzle, menyisir boneka atau permainan lainnya moms

Secara tidak langsung kita mengajarkan si kecil untuk menjadi sosok yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Karena saat dia main sendiri moms mau tak mau dia harus bisa mengandalkan dirinya sendiri.

Belajar untuk Memecahkan Masalah

Saat si kecil main sendiri moms dia cendurung akan belajar untuk memecahkan masalah. Contohnya saat bermain puzzle si kecil harus berpikir dan melakukan tindakan untuk memecahkan masalah agar puzzle dapat tersusun lengkap.

Bermain sendiri juga membawa manfaat kan moms untuk si kecil salah satunya agar ia terbiasa untuk berpikir dulu sebelum melakukan sesuatu atau tidak ceroboh.

Mengajarkan Menenangkan Diri

Membiarkan si kecil bermain sendiri di rumah memberikan waktu pada nya untuk mengenal dirinya lebih baik serta memberikan ketenangan bagi si kecil dengan mainannya. Saat dia memiliki kemampuan dalam menenangkan dirinya sendiri mudah baginya untuk bersosialisasi moms. Membiarkan si kecil bermain diluar rumah juga membantu dalam meningkatkan kemampuan si kecil untuk berinteraksi dengan anak seusianya moms.

Ternyata membiarkan si kecil bermain sendirian tetap memberikan dampak positif kan moms untuk dirinya sendiri serta untuk bersosialisasi di lingkungannya nanti. Jadi sambil anak bermain sendiri moms bisa curi curi kesempatan me time kan jadinya. Semoga penjelasan diatas bisa mengurangi kekhawatiran moms ya. Percayalah moms setiap apapun yg dilakukan si kecil selagi masih positif pasti ada dampak baik bagi tumbuh kembangnya. Semangat terus ya moms menemani si kecil melewati proses tumbuh kembangnya.

Demikian tadi pembahasan mengenai “Anak Senang Main Sendirian”, semoga bermanfaat ya moms 🙂

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Makan Pada Anak, Cara Menstimulasi Anak Cepat Berbicara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *