Bentuk Format Business Plan

Bentuk Format Business Plan
Career woman photo created by tirachardz – www.freepik.com

Halo guys, kali ini kita kan membahas sedikit tentang bentuk format business plan.

Untuk menyusun suatu Business Plan yang baik maka dibutuhkan berbagai referensi dan pengalaman (reference and experience) dari mereka yang telah terlebih dahulu mengembangkan usaha sejenis. Ini dianggap penting karena bisa membantu untuk terciptanya suatu usaha yang memiliki nilai kompetitif di pasar. Dan juga tidak terkecuali dalam menyusun suatu business plan, karena poin-poin beserta penjelasan yang ada dalam business plan juga harus dibuat sesistematis mungkin dan mengacu kepada kondisi rill yang terjadi.

Dalam konteks pembuatan business plan kita perlu mengetahui isi dari business plan. isi dari sebuah business plan:

  1. Kulit depan/cover judul, cover harus didesain dengan apik agar dari tampilan dokumen business plan kita akan terlihat menarik.
  2. Ringkasan eksekutif sejarah/latar belakang bisnis, hal ini perlu dikarenakan pembaca butuh resume terlebih dahulu sebelum mengetahui isi lebih dalam agar pembca dapat paham bisnis apa yang sebenarnya yang direncanakan.
  3. Deskripsi tentang bisnis apa yang dilakukan, deskripsi ini perlu sebab kita harus menyampaikan dengan detai produk apa yang diciptakan, pasarnya siapa, metode pemasarannya menggunakan metode apa dan cara penentuan harga sampai dengan keuntungan dan titik impas dari usaha.
  4. Deskripsi tentang produk/komoditi yang akan diusahakan, ini perlu agar usaha yang sedang dijalani bisa fokus terhadap suatu jenis produk, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan jenis produk yang akan diproduksi jika produk awal dapat laku di pasaran.
  5. susunan pengurus dan kepemimpinan, ini perlu sebab di dalam fungsi manajemen diperlukannya pengorganisasian yang memberikan tanggung jawab dan beban kerja sehingga proses dapat berjalan secara paralel sesuai dengan tujuan dan perencanaan yang telah dibuat.
  6. Objectives dan goals, hal ini perlu sebab segala proses bisnis yang ada harus terukur dan logik, sehingga tujuan dapat tercapai sesuai dengan rencana.
  7. Gambaran keuangan, hal ini akan menggambarkan produktifitas atas penjualan yang mana hal itu akan berpengaruh terhadap produksi, pemasaran, dan margin yang didapatkan.
  8. Lampiran merupakan kebutuhan data lainnya yang mungkin bisa mendukung penjelasan-penjelas yang ada di dalam business plan.

Demikian tadi bentuk format business plan, semoga dapat bermanfaat guys.

Sumber: Irham Fahmi, 2014

Baca juga: Variabel Laten dan Variabel Terobservasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *