Cara Mendidik Anak Agar Sopan dan Hormat

Kid pointing photo created by drobotdean – www.freepik.com

Halo moms, siapa disini yang masih prihatin melihat kelakuan anak jaman sekarang yang jauh dari kata sopan dan hormat kepada orang lain? Nah disini kita akan membahas Cara Mendidik Anak Agar Sopan dan Hormat Kepada Orang Lain, disini kita bisa memulai dari anak kita sendiri moms.
Kita harus bisa memulai sejak dini karena pertumbuhan anak yang begitu pesat akan membuat waktu berjalan begitu cepat moms.

Ada beberapa cara dan tips nih moms yang bisa dilakukan dalam mendidik anak agar sopan dan hormat kepada orang lain, yuk disimak!

  1. Beri Contoh
    Moms sebenarnya anak itu peniru yang handal loh! Anak bisa meniru kebiasaan-kebiasaan kecilkita sehari-hari nih moms. Sebelum memaksakan anak untuk hormat dan menghargai orang, sebaiknya kita berikan contoh terlebih dahulu dalam kehidupan sehari-hari kita moms. Jangan memaksakan anak untuk sopan dan hormat saat kita sendiri belum bisa berbuat demikian, jika terlalu memaksakan maka hal yang terjadi anak menjadi takut dan bukan hormat.
    Mulailah mendengarkan pendapatnya moms. Saat dia berbicara, bercerita dan memberikan pendapat dengarkan dengan sungguh-sungguh dan tatap matanya serta tunjukkan bahwa kita orang tuanya sangat antusias atas apa yang sedang dia bicarakan.
  2. Ajarkan Tiga Kata Ajaib (Maaf, Tolong dan Terima Kasih)
    Hal kecil lainnya yang bisa kita ajarkan pada anak adalah kata maaf saat melakukan kesalahan, kata tolong saat membutuhkan pertolongan orang lain, dan kata terima kasih saat apa yang diinginkan di penuhi oleh orang lain. Ingatkan dan bantu dia untuk menggunakan 3 kata ajaib ini dengan tepat ya moms.
    Dari pada memaksakan anak untuk bisa langsung berkata 3 kata tersebut sebaiknya kita contohkan dengan cara saat kita melakukan kesalahan pada anak kita sebaiknya kita juga mengatakan kata “maaf” ataupun saat kita meminta bantuannya kita ucapkan kata “tolong” dan saat dia sudah membantu kita berikan apresiasi dengan mengatakan “terima kasih” dengan begitu anak tau kegunaan dari tiga kata ajaib ini moms
  3. Hindari Reaksi Berlebihan
    Ketika mendapati anak berkata kasar, berteriak, ataupun melawan perintah kita sebagai orang tua jangan tunjukkan reaksi berlebihan yang akan membuatnya tidak nyaman ataupun sengaja melakukan hal demikian untuk menarik perhatian kita.
    Sebaiknya kita katakan dengan tegas bahwa apa yang dia lakukan itu salah dan ada cara lain dalam menyampaikan pendapat ataupun hal lainnya.
  4. Pahami Perbedaan Pendapat
    Sebagai orang tua pasti kita selalu ingin anak menurut dan melaksanakan semua perintah dengan senang hati, tetapi kita juga harus paham saat anak melawan bukan berarti anak tidak mendengarkan kita hanya saja dia sedang menyampaikan pendapatnya.
    Kita bisa mengajarkan anak untuk menyampaikan pendapat dengan cara yang baik, dengan begitu anak tidak salah dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain.
  5. Koreksi Dengan Tepat
    Saat anak melakukan kesalahan sebaiknya kita jangan terpancing emosi yang akan menyakiti hati anak. Kita sebagai orang tua harus bisa memberi tau anak cara yang benar atas perbuatannya yang salah.
    Misalnya saat anak menyela orang tuanya berbicara sebaiknya kita bisa memberi tau bahwa jika ada yang dia ingin sampaikan dia harus menunggu orang lain selesai berbicara terlebih dahulu.
  6. Bicarakan Itu Nanti
    Saat anak melakukan kesalahan sebaiknya kita jangan langsung menegur pada saat itu juga terlebih bila ada orang lain di sekitarnya. Anak akan merasa malu dan jengkel saat kita memberi tau di depan orang lain.
    Nasihati anak saat dia mulai tenang dan jelaskan tanpa harus mengungkit tapi jelaskan untuk mengevaluasi dan memberi nasihat.
  7. Hindari Berteriak
    Jangan langsung berteriak saat anak melakukan kesalahan. Saat mengoreksi kesalahan anak berbicaralah dengannya dan tatap matanya posisikan badan anda sejajar dengan anak. Jelaskan dengan suara yang tenang dan tegas dengan begitu anak merasa dihargai dan merasa dibimbing dengan cara yang baik.
  8. Berikan Pujian
    Buatlah anak bangga dan senang dalam bersikap sopan dan hormat kepada orang lain. Dengan rasa senang tersebut tidak ada pemaksaan dalam berbuat baik bagi anak. Berikan pujian yang tidak membuatnya tinggi hati, berikan dia pujian karena setiap perbuatan baik akan diterima oleh siapapun.

Nah moms dengan begini kita bisa melahirkan anak-anak yang sopan dan hormat kepada orang lain. Sebelum memaksakan kepada anak balikkan dulu ke diri sendiri ya moms apakah kita sudah berbuat demikian atau belum karena anak adalah peniru yang handal. Jadi pastikan anak meniru hal baik dari kita sebagai orang tua nya ya moms.
Semangat terus untuk para moms diluar sana!

Baca juga: Cara Menghadapi Anak Tantrum di Tempat Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *