Cara Mengelola Risiko

Cara Mengelola Risiko
Background photo created by mindandi – www.freepik.com

Halo sob! pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengelola risiko. Menurut (Fahmi, 2014) dalam aktivitas yang namanya risiko adalah pasti terjadi dan sulit untuk dihindari sehingga bagi sebuah lembaga bisnis seperti misalnya perbankan sangat penting untuk memberikan bagaimana mengelola atau me-manage risiko tersebut. Pada dasarnya risiko itu sendiri dapat dikelola dengan 4 (empat) cara, yaitu:

Memperkecil Risiko

Keputusan untuk memperkecil risiko adalah dengan cara tidak memperbesar setiap keputusan yang mengandung risiko tinggi tapi membatasinya bahkan meminimalisirnya guna agar risiko tersebut tidak menambah menjadi besar di luar dari kontrol pihak manajemen perusahaan. Karena mengambil keputusan di luar dari pemahaman manajemen perusahaan maka itu semua artinya dengan melakukan keputusan yang sifatnya spekulasi.

Mengalihkan Risiko

Keputusan mengalihkan risiko adalah dengan cara risiko yang kita terima tersebut kita alihkan ke tempat lain sebagian, seperti dengan keputusan dengan mangasuransikan bisnis guna menghindari terjadinya risiko yang sifatnya tidak diketahui kapan waktunya.

Mengontrol Risiko

Keputusan mengontrol risiko adalah dengan cara melakukan kebijakan mengantisipasi terhadap timbulnya risiko sebelum risiko itu terjadi. Kebijakan seperti ini biasanya dilakukan dengan memasang alat pengaman atau pihak penjaga keamanan pada tempat-tempat yang dianggap vital. Seperti memasang alarm pengaman pada mobil, alarm kebakaran pada rumah dan menempatkan satpam pada siang atau malam hari.

Pendanaan Risiko

Keputusan pendanaan risiko adalah menyangkut dengan menyediakan sejumlah dana sebagai cadangan (reseve) guna mengantisipasi timbulnya risiko di kemudian hari. Seperti perubahan terhadap nilai tukar dolar terhadap mata uang domestik di pasaran maka kebijakan sebuah perbankan adalah harus memiliki cadangan dalam bentuk mata uang dolar sehingga sejumlah perkiraan akan terjadi kenaiakan atau perubahan tersebut.

Demikian tadi penjelasan bagaimana Cara Mengelola Risiko. Semoga bermanfaat ya sob 🙂

Baca juga: Tahapan Melaksanakan Manajemen Risiko

One thought on “Cara Mengelola Risiko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *