Cara Pemasar Mengoptimasi Pencarian Google

Halo sob! pada artikel kali ini kita akan membahas bagaiamana Cara Pemasar Mengoptimasi Pencarian Google. Seorang pemasar memiliki cara sendiri dalam melakukan optimasi pencarian google selain dengan menggunakan teknik SEO.

Menurut Seth Godin (2020) pada bukunya yang berjudul “This Is Marketing” Ekosistem Google didasarkan pada sebuah mitos. Mitosnya adalah bahwa jutaan bisnis, yang semuanya mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam mesin pencarian, akan ditemukan oleh orang-orang yang mencari mereka.

Situs kencan menawarkan janji yang sama. Begitu juga jejaring sosial. Baurkan diri, patuhi semua aturan, dan ketika mencari “toko ban”, “restoran”, “editor lepas”, atau “kencan akhir minggu menyenangkan”, kami akan menemukan Anda.

Hitung-hitungannya tidak bisa mendukung ini.

Ada seribu halaman hasil. Kita berda di bawah sebuah delusi bila membayangkan bahwa kita akan menjadi pilihan pertama.

Jalannya tidak akan ditemukan bila sesorang mengetik istilah umum. Jalannya adalah bila seorang cukup peduli pada anda dan apa yang anda ciptakan sehingga mereka kaan mengetik nama anda. Sehingga mereka akan mencari anda, bukan alternatif umum.

Iya, Anda bisa menemukan blog saya dengan mencari “blog” di Google. Namun saya lebih suka bila anda mencari “Seth”.

SEO adalah praktik menduduki peringkat tinggi dalam hasil pencarian terhadap sebuah istilah umum. Seorang tukang kunci atau sebuah hotel atau seorang tokter yang memenagkan pencarian umum akan mendapatkan laba besar. Namun, orang lain harus mengeluarkan uang untuk konsultan dan tipu muslihat agar bisa menduduki peringkat lebih tinggi. Hitung-hitungannya tidak bisa mendukung skema piramida ini.

Di lain pihak, seorang pemasar pintar bisa membuat sebuah produk atau jasa yanglayak dicari. Bukan istilah umumnya, tapi untuk menemukan Anda, hal yang anda buat, hal khusus. Ketika anda melakukan itu, Google berada di pihak anda. Mereka sebenernya ingin anda ditemukan bila sesorang mencari anda.

Langkah pertama adalah membuat sebuah produk atau jasa yang cukup diminati banyak orang sehingga merek akan mencarinya secara khusus. Anda tidak akan menang dalam pencarian umum, tetapi anda akan selalu menang bila pencariannya cukup spesifik.

Lalu langkah kedua mudah dipahami: Jadilah orang yang ingin orang temukan ketika mereka mencari.

Demikian tadi penjelasan bagaimana Cara Pemasar Mengoptimasi Pencarian Google. Semoga bermanfaat ya sob 🙂

Baca juga: Cara Menyambung Kabel Webcam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *