Filanesia Sepak Bola Indonesia

Halo Sob! kali ini kita akan membahas tetang Filanesia Sepak Bola Indonesia. Filanesia merupakan formasi untuk belajar yang memiliki tujuan mempermudah proses belajar dan latihan bagi pemain muda. Hal ini dapat diwujudkan dengan berbagai macam formasi dalam bermain sepak bola. Sebenarnya dengan formasi apa saja, permainan efektif dalam strategi menyerang, bertahan dan transisi dapat terwujud. Namun pada proses belajar dibutuhkan suatu formulasi formasi bermain yang standar dan seragam. Hal ini tentu bertujuan untuk memudhakan pemain muda untuk belajar dan berlatih.

PSSI melakukan pemilihan formasi bermain 1-4-3-3 sebagai formasi belajar untuk mewujudkan Filanesia. Pilihan ini didasari pemikiran bahwa 1-4-3-3 adalah formasi bermain termudah untuk pemain muda belajar. Formasi ini dapat dilihat pada penjelasan berikut:

  1. Formasi 1-4-3-3 menyajikan 3 lini (belakang, tengah, dan depan) dengan penyebaran jumlah pemain merata. Logika sederhana mengatakan bila 10 pemain di luar kiper disebar ke 3 lini, maka pada setiap lini akan diisi oleh 3 orang. 1 pemain tersisa kemudian ditetapkan di belakang, sehingga terciptalah formasi 1-4-3-3.
  2. Secara natural posisi berdiri 11 pemain di lapangan bisa berbentuk segitiga (triangle) dan ketupat (diamond). posisi ini bahkan bisa tercipta secara alami tanpa pemain harus melakukan banyak pergerakan. Ini merupakan kondisi ideal yang memberikan efek positif untuk permainan. Setiap pemain dengan bola akan memiliki banyak opsi passing (minimal 4-5 opsi). Situasi yang bukan hanya memudahkan tim menguasai bola, tetapi bermain penguasaan bola progresif berorientasi ke depan. Struktur posisi natural 1-2-4-4 juga memudhkan tim untuk melakukan pressing sejak lawan membangun serangan dari bawah.
  3. Formasi 1-4-3-3 dalam format permainan 11 lawan 11 juga secara terstruktur dapat disederhanakan menjadi formasi 1-3-3 pada format permainan 7 lawan 7, yang mana format permainan 7 lawan7 mat baik untuk permainan usia 10-13 tahun belajar sepak bola. Kemudian dari format 7 lawan 7, permainan makin disederhanakan ke format 4v4 adalah permainan terbaik untuk pemain usia 9 tahun ke bawah.
  4. Pada akhirnya, saat pemain berusia 8 tahun belajar sepak bola, mereka akan mendapatkan pelatiahan yang metodis, terstruktur, dan sistematis. Pemain sedikit demi sedikit mulai belajar sepak bola dari yang paling sederhana (4 lawan 4), hingga yang paling kompleks (11 lawan 11).

Demikian tadi penjelasan tentang filanesia sepak bola Indonesia. Semoga bermanfaat ya Sob 🙂

Baca juga: PERILAKU ASERTIF, NON ASERTIF DAN AGRESIF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *