Jenis-Jenis Penelitian

Jenis-Jenis Penelitian
Technology photo created by wayhomestudio – www.freepik.com

Halo sob! Kali ini kita akan membahas tentang Jenis-Jenis Penelitian yang sering digunakan pada skripsi ataupun tesis. Menurut (Sujarweni, 2018) penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis dan analisisnya sebagai berikut:

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran).

Penelitian Kualitatif dapat digunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi organisasi, aktivitas sosial. Hasilnya adalah berupa uraian mendalam tentang ucapan, tulisan, dan atau perilaku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, dan atau organisasi tertentu dalam suatu keadaan konteks tertentu yang dikaji dari sudut pandang yang menyeluruh.

Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Pendekatan kuantitatif memusatkan perhatian pada gejala-gejala yang mempunyai karakteristik tertentu di dalam kehidupan manusia yang dinamakannya sebagai variabel. Dalam pendekatan kuantitatif hakikat hubungan diantara variabel-variabel dianalisis dengan menggunakan teori yang objektif.

Dengan dua metode penelitian di atas kalian bisa menggunakannya pada penelitian skripsi dan tesis. Sesuaikan dengan objek dan permasalahan yang ingin diteliti agar penggunaan metode tidak keliru.

Demikian penjelasan tentang Jenis-Jenis Penelitian, Semoga bermanfaat ya sob 🙂

Baca juga: Strategi Pemasaran Untuk Menaikkan Penjualan

One thought on “Jenis-Jenis Penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *