Manajemen Keuangan Dan Strategi Keuangan

Halo sob! pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Manajemen Keuangan Dan Strategi Keuangan. Menurut (Fahmi, 2014) berikut ini penjelasannya:

Definisi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan penggabungan dari ilmu dan seni yang membahas, mengkaji dan menganalisis tentang bagaimana seorang manajemen keuangan dengan mempergunakan seluruh sumber daya perusahaan untuk mencari dana, mengelola dana, dan membagi dana dengan tujuan mampu memberikan profit atau kemakmuran bagi para pemegang saham dan sustainability (keberlanjutan) usaha bagi perusahaan.

Sebagai catatan dalam konsep menajemen keuangan modern pemahaman profit dapat ditaksirkan secara luas, yaitu mampu memberikan profit kepada seluruh stakeholder. Artinya mereka yang terlibat atau berhubungan dengan perusahaan merasa memperoleh dampak keuntungan positif terhadap keberadaan perusahaan tersebut.

Definisi Strategi Keuangan

Strategi keuangan adalah suatu kajian yang menempatkan keputusan keuangan perusahaan memiliki pemahaman secara lebih luas dan jangka panjang termasuk dengan melihat dampah keputusan tersebut mampu memberi pengaruh pada stabilitas serta profit perusahaan secara jangka panjang.

Aplikasi Strategi Keuangan Perusahaan

Dalam konteks strategi keuangan perusahaan secara aplikatif tertuang pada 3 (tiga) konsep dasar yaitu:

  1. Bagaimana mencari dana

Pada tahap ini merupakan tahap awal dari tugas seorang manajer keuangan, dimana ia bertugas untuk mencari sumber-sumber dana yang bisa dipakai atau dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai modal perusahaan. Secara umum modal perusahaan bersumber dari modal sendiri dan modal asing. Modal sendiri yaitu berupa modal dari pemilik yang disetor dan itu dijadikan sebagai modal perusahaan seperti stock (saham), dan modal asing berupa hasil pinjaman ke perbankan, hasil penjualan saham, termasuk utang dagang serta obligasi juga yang lainnya.

  1. Bagaimana mengelola dana

Pada tahap ini pihak manajemen keuangan bertugas untuk mengelola dan perusahaan dan kemudian menginvestasikan dana tersebut ke tempat-tempat yang dianggap produktif atau menguntungkan. Bagi seorang manajer keuangan akan selalu memantau dan menganalisis dengan baik pada setiap tindakan dan keputusan yang akan diambil dengan memperhitungkan aspek-aspek keuangan dan non keuangan, terutama kondisi memungkinkan terjadinya profit dan kontinuitas perusahaan di kemudian hari. Secara konsep investasi seorang manajer keuangan akan selalu menghindari keputusan investasi yang hanya akan menimbulkan kerugian atau bahkan memiliki profit yang rendah, atau dengan kata lain seorang manager keuangan umumnya adalah seorang penghindar risiko.

  1. Bagaimana Membagi Dana

Pada tahap ini pihak manajemen keuangan akan melakukan keputusan untuk membagi keuntungan kepada para pemilik sesuai dengan jumlah modal yang disetor atau yang ditempatkan. Biasanya ini dibicarakan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Pembagian keuntungan terhadap kepemilikan saham biasanya disebut dengan pembagian deviden.

Demikian tadi pembahasan tentang Manajemen Keuangan dan Strategi Keuangan, semoga bermanfaat ya sob 🙂

Baca juga: Cara Mengelola Risiko

One thought on “Manajemen Keuangan Dan Strategi Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *