Membuat Latar Belakang Penelitian

Halo sob! pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya Membuat Latar Belakang Penelitian. Menurut (Sujarweni, 2018) untuk membuat latar belakang dalam penelitian kuantitatif harus menulis dari hal yang paling umum  dulu baru mengerucut ke hal yang paling khusus. Dalam latar belakang penelitian kuantitatif jika menggunakan data primer harus memuat hal-hal sebagai berikut:

Membuat Pemaparan Topik Umum Yang Diambil Dalam Penelitian Tersebut

Perlu diuraikan tentang topik yang menjadi gejala dalam penelitian sebagai awal penelitian dengan menggunakan fakta-fakta atau data-data yang telah ada. Infomasi yang lain adalah informasi berasal dari referensi ilmiah. Misalnya dari jurnal berupa hasil penelitian sebelumya. Memuat kenapa kejadian itu penting untuk diteliti dan apa dampaknya jika permasalahan tersebut dibiarkan saja.

Membuat Pemaparan Tentang Kasus-Kasus

Dalam membuat latar belakang membuat pemaparan tentang kasus-kasus yang menyangkut topik yang diambil dalam penelitian tersebut. Kasus-kasus tersebut merupakan fenomena yang terjadi di masyarakat bisa secara internasional, nasional, maupun daerah.

Pemaparan Teori

Pemaparan teori tentang variabel dependent atau variabel utama yang digunakan pada penelitian tersebut. Variabel bisa menyesuaikan dengan topik yang telah ditentukan pada sebuah penelitian.

Pemaparan Data Dari Pra Survei

Untuk data Primer, Peneliti membuat pemaparan bisa berupa pra survey yang dilakukan peneliti sebelum menentukan variabel yang mempengaruhi variabel independent apa saja yang akan dipilih, dapat juga memaparkan alasan-alasan kenapa memilih variabel yang mempengaruhi variabel dependent.

Pemaparan Tempat Dilakukannya Penelitian

Membuat pemaparan tentang tempat penelitian beserta bukti-bukti berupa data-data pendukung.

Pemaparan Teori variabel Yang Mempengaruhi

Pemaparan teori tentang variabel-variabel yang mempengaruhi variabel dependent atau variabel utama dalam penelitian tersebut.

Pemecahan Masalah

Memuat bagaimana masalah tersebut harus dipecahkan, serta apa kegunaan masalah tersebut dipecahkan dan diteliti

Dalam latar belakang penelitian kuantitatif jika menggunakan data sekunder harus memuat hal-hal sebagai berikut:

  1. Membuat pemaparan umun tentang topik umum yang diambil dalam penelitian tersebut, perlu diuraikan tentang topik yang menjadi gejala penelitian sebgaia awal penelitian dengan menggunakan fakta-fakta atau data-data yang telah ada. Informasi yang lain adalah informasi berasala dari referensi ilmiah misalnya dari jurnal berupa hasil penelitian sebelumnya. Memuat kenapa kejadian itu penting untuk diteliti dan apa dampaknya jika permasalahan tersebut dibiarkan saja.
  2. Membuat pemaparan tentang kasus-kasus yang menyangkut topik yang diambil dalam penelitian tersebut. Kasus-kasus tersebut merupakan fenomena yang terjadi di masyarakat bisa secara internasioanl, nasional, maupun daerah.
  3. Pemaparan teori tentang variabel dependent atau variabel utama dalam penelitian tersebut.
  4. Untuk data sekunder, peneliti perlu membuat alasan kenapa variabel yang dipilih sebagai faktor dari variabel dependen adalah variabel tersebut. Biasanya alasannya adalah mengambil penelitian yang sama dengan penelitian sebelumnya namun dengan sampel berbeda hal ini sering disebut replikasi, jika ada perbedaan untuk menambah variabel lain dengan penelitian yang direplikasi maka variabel tambahan itu, variabel apa saja beserta asalannya kenapa menambahkan variabel tersebut. Dapat juga berdasarkan riset gap yaitu dalam penelitian terdahulu yang dilakukan oleh peneliti satu mengatakan bahwa variabel x adalah berpengaruh sedangkan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh orang lain lagi tidak berpengaruh sehingga peneliti memutuskan untuk mengambil variabel x tersebut lagi untuk dilakukan penelitian.
  5. Penerapan teori tentang variabel-variabel yang mempengaruhi variabel dependent atau variabel utama dalam penelitian tersebut.
  6. Memuat bagaimana masalah tersebut harus dipecahkan, serta apa kegunaan masalah tersebut dipecahkan dan diteliti.

Demikian tadi penjelasan bagaimana cara Membuat Latar Belakang Penelitian dalam penelitian kuantitatif. Semoga bermanfaat ya sob 🙂

Baca juga: Data Dalam Penelitian Kuantitatif

One thought on “Membuat Latar Belakang Penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *