Menggali Masalah Pada Penelitian

Halo sob! pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara Menggali Masalah Pada Penelitian. Tentunya ini sangat bermanfaat ya buat kamu yang sedang mengerjakan tugas mata kuliah metode penelitian ataupun buat kamu yang lagi nyusun skripsi ataupun tesis agar hasil karya kamu dapat memuaskan hasilnya.

Menurut (Suliyanto, 2018) cara menggali masalah penelitian aplikatif berbeda dengan cara menggali masalah penelitian teoritis. Hal ini dilakukan karena tujuan dan sumber permasalahan yang diangkat dalam penelitian juga berbeda. Cara untuk mendapatkan masalah penelitian yang bersumber pada kesenjangan fenomena adalah:

Menganalisis Data Sekunder Untuk Mengetahui Masalah

Masalah penelitian fenomena bisnis dapat diperoleh berdasarkan pada analisis data sekunder yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan yang akan diteliti. Metode ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh peneliti. Hal ini karena dengan manganalisa data sekunder akan lebih cepat dan lebih mudah untuk menemukan permasalahan penelitian, serta memerlukan biaya yang relatif lebih murah.

Melakukan Observasi Pendahuluan Menggali Masalah Secara Langsung

Ketika data sekunder tidak ditemukan atau untuk memperkuat data sekunder yang diperoleh maka untuk mendapatkan masalah penelitian peneliti dapat melakukan observasi ke lapangan. Dengan melakukan observasi di lapangan akan diperoleh permasalahan berdasarkan kondisi nyata yang ada di lapangan yang kemudian dianalisis untuk dipecahkan.

Konsultasi Dengan Ahli

Masalah penelitian juga dapat diperoleh berdasarkan hasil konsultasi dengan ahli dalam bidangnya. Keberhasilan metode ini sangat tergantung kepada ketepatan dalam memilih narasumber sebagai tenaga ahli.

Menggali Masalah Pada Penelitian
Gambar Masalah Penelitian dan Kata Tanya yang Digunakan

Demikian tadi sob bagaimana cara Menggali Masalah Pada Penelitian. Semoga bermanfaat ya sob 🙂

Baca juga: Perbedaan Skripsi Tesis dan Disertasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *