Populasi Dan Sampel Penelitian

Halo sob! pada artikel ini kita akan membahas tentang Populasi Dan Sampel Penelitian. Berikut ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan populasi dan sampel dalam penelitian. Menurut (Sujarweni, 2018) dalam bukunya yang berjudul Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif adalah sebagai berikut:

Populasi

(Sujarweni, 2018) menjelaskan populasi adalah keseluruhan jumlah yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai karakteristik dan kualitas tertentu yang ditetapkan pleh peneliti untuk diteliti dan kemudian ditarik kesimpulannya. Contoh: Penelitian dengan judul analasis pengaruh motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan di PT AMANAH Semarang. Populasinya adalah semua karyawan di PT AMANAH Semarang.

Sampel

Sampel adalah bagian dari sejumlah karakteristik yang dimiliki oleh populasi yang digunakan untuk penelitian. Bila populasi besar, peneliti tidak mungkin mengambil semua untuk penelitian misal karena terbatasnya dana, tenaga, dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi itu. Apa yang dipelajari dari sampel, kesimpulannya akan dapat diberlakukan untuk populasi. Untuk itu sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul mewakili dan harus valid, yaitu bisa mengukur sesuatu yang seharusnya diukur. Contoh: kalau yang ingin diukur adalah wajib pajak badan studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta, sedangkan yang dijadikan sampel adalah hanya wajib badan studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta beberapa bagian saja, maka sampel tersebut tidak valid, karena tidak mengukur sesuatu yang seharusnya diukur seharusnya semua bagian.

Ukuran sampel atau jumlah sampel yang diambil merupakan hal yang penting jika peneliti melakukan penelitian yang menggunakan analisis kuantitatif. Pada penelitian yang menggunakan analisis kualitatif, ukuran sampel bukan menjadi hal yang penting, karena yang dipentingkan adalah kekayaan informasi dan sampel. Walau jumlahnya sedikit tetapi jika kaya akan informasi, maka sampelnya lebih bermanfaat.

Demikian tadi penjelasan tentang Populasi Dan Sampel Penelitian yang sering digunakan pada skripsi, tesisi, dan disertasi mahasiswa. Semoga bermanfaat ya sob 🙂

Baca juga: Manajemen Keuangan Dan Strategi Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *